Sinopsis WITCH'S COURT Episode 2 [ Bagian 1 ]

19:08

= SELURUH GAMBAR DAN KONTEN BERSUMBER DARI : KBS2 =
image

Sedikit mengulas cerita di episode sebelumnya...

Ma Yi-deum, atau seringkali disebut Jaksa Ma.. dipindah tugas-kan dari Unit Kriminal 2 ke Unit pidana kejahatan seksual. Berdasarkan informasi.. kebanyakan jaksa, tak ada yang mau bergabung dalam unit tersebut. Tapi apalah daya, karena setelah tingkahnya yang ‘berani’ membongkar ke-‘busukan’ Jaksa Oh yang merupakan atasannya sendiri, Yi-deum lansgung didepak dari posisinya saat ini.

.... SINOPSIS WITCH’S COURT EPISODE 2 ....

scene03101

“Kita bertemu lagi jaksa Ma..” sapa Jin-wook yang tengah membawa sekotak barang-barangnya yang menandakan bahwa ia-pun pindah ke unit ini..

“Kamu juga dimutasi..” ucap Yo-deum dengan nada bicaranya yang ketus

scene03701
scene04401

“Ah.. bukankah seharusnya kita berkenalan dengan benar. Namaku, Yeo Jin-wook..” ucapnya sembari mengangkat tangan, mengajak bersalaman. Tetapi Yi-deum tak mau bersamalan dengannya, ia malah berjalan pergi sambil berkata: “Namaku, Ma Yi-deum.. dan aku tak tertarik untuk mengenalmu lebih jauh..”

Tetapi menyedihkan.. karena yang terjadi malah sebaliknya. Yi-deum ditempatkan dalam ruangann yang sama dengan Jin-wokk. Dan bahkan meja mereka-pun bersebelahan.

scene04701

Jin-wook bertanya: “Sepertinya anda sangat benci ditempatkan di unit ini?”

“Benarkah kamu itu peringkat dua di angkatanmu?” tukas Yi-deum dengan nada merendahkan

“Bukan.. aku ini peringkat satu..” sanggah Jin-wook

“Huh.. tapi mengapa kamu sangat bodoh...”

“Maksudnya?”

“Kita berdua.. yang sama-sama punya masalah dengan Jaksa Oh, tiba-tiba dimutasi ke unit ini. Itu artinya, kita akan dibuat bekerja lembur setiap hari!”

Jin-wook menyanggah perkataan Yi-deum, dan itu membuat Yi-deum menantangnya: “Dalam 3 detik, yakinkan bahwa masalah dengan Tuan Oh bukan penyebab kita dipindahkan ke unit ini.. Jika berhasil, aku akan memanggilmu ‘oppa’..”

Baru juga di angka dua, Jin-wook langsung memotong dan mengatakan bahwa dirinya pindah kesini secara sukarela, bukan karena dimutasi, “Tenang saja.. anda tidak perlu menyebutku ‘oppa’..” ucapnya sambil tersenyum

“Wuahh.. daebakkk... kau mengajukan diri untuk bertugas di unit yang sangat dihindaari oleh semua jaksa..” komentar Yi-deum

Tanpa mereka sadari, ternyata ketika tengah berdebat tadi.. Jaksa Min yang merupakan kepala unit ini, tengah berdiri memerhatikan mereka, tepat di ujung lorong tempat mereka berdiri saat ini..

scene06101
scene06601

Selain Yi-deum dan Jin-wook, ada seorang jaksa lainnya yang bertugas di unit ini, yaitu Jaksa Jang Eun-Jung ( Jeon Ik-Ryung ). Entah sudah berapa lama ia ditempatkan disini, tapi kita mengetahui pasti bahwa dia merupakan wanita yang telah menikah dan memiliki 2 anak yang rewelnya bukan main. Dan dalam ruangannya, ia tempatkan dengan Jaksa Seo Yoo-ri ( Choi Ri ) yang masih junior,..

Ketika tengah sibuk, Jaksa Jang mendapat telpon dari anak-anaknya yang mengeluhkan ini dan itu, tetapi sama seperti kebanyakan ibu yang lainnya.. ia berhasil membuat anak-anaknya ‘diam’, setelah mengancam akan membuang mainan mereka.

Selain jaksa, adapula beberapa PNS yang ditempatkan di unit tersebut.. diantaranya, Investigator Goo Seok-chan ( Yoon Kyung Ho), dan  juga ada Son Mi-young atau seringkali disebut Nona Son yang ikut dimutasi ke unit ini bersama dengan Yi-deum.

.... SINOPSIS WITCH’S COURT EPISODE 2 ....

scene07401
scene08101

Jaksa Min memimpin rapat perdana, ia mengatakan bahwa Unit ini menangani kasus yang cukup rumit. Dalam kasus pemerkosaan saja, nantinya mereka harus mempertimbangkan persaan korban yang pastinya mengalami trauma entah itu berat atau ringan, “Semakin berat ‘penderitaan’ kalian, makin ringan ‘penderitaan’ korban..” tegasnya

Untuk pembagian tugas, Jaksa Min meminta Jaksa Jang menangani kasus-kasus sederhana dibantu oleh Jaksa Seo. Kemudian, Woo-jin ditugaskan menangani kasus-kasus pidana terhadap wanita, dan Nona Son hanya akan mengurus administrasi seperti sebelumnya.. kemudian Investigator Goo tentunya bertugas untuk membantu investigasi.

Rapat ditutup, tetapi Yi-deum tak menerima tugas apapun.. dan malah diminta untuk berbicara empat-mata dengan Jaksa Min didalam ruangannya.

scene09201

Langsung pada intinya, Jaksa Min mempertanyakan sikap Yi-deum yang sepertinya tidak suka ditempatkan di unit ini. Yi-deum minta maaf, dan mengatakan bahwa sebenarnya.. ia telah mengajukan diri untuk ditempatkan di unit lain, karena alasan pribadinya.

Jaksa Min mendengar begitu banyak rumor mengenai sikap Yi-deum yang sebenarnya tidak cocok dengan unit ini. Karena disini, Para korban kebanyakan menyerah setelah melewati rumitnya proses interogasi yang tentu menyakiti perasaan mereka. Jaksa Min tak mau hal itu terjadi, rahasia korban harus dijaga dan Jaksa yang menangani kasusunya tak akan mendapat banyak kesempatan untuk tampil di depan kamera,

“Jika tidak suka disini, maka kamu bisa mengundurkan diri.. pensiun saja sekalian...” ucap Jaksa Min

scene10401
scene10501
scene10901

Ketika meninggalkan ruangan, Yi-deum berpapasan dengan Jaksa Jang yang langsung memperkenalkan diri dan mengajaknya bersalaman . Tapi lagi-lagi, Yi-deum bersikap dingin dan menolak meladeni salaman tersebut..

.... SINOPSIS WITCH’S COURT EPISODE 2 ....

scene11101
scene11301

Di acara wisudaan Universitas Seonwoo, kita melihat beberapa mahasiswa tersenyum bahagia karena tesis-nya lolos dan mereka telah dinyatakan lulus. Tetapi.. dari pintu belakang, ada seorang pria yang hanya berdiri.. terdiam.. memerhatikan mereka semua dengan tatapan yang dipenuhi rasa kekesalan.

scene11801
scene12301

Beberapa saat kemudian, pria itu merangsak memasuki ruangan profesor-nya. Ia bertanya, mengapa tesisnya tidak di setujui?

“Tesismu dibawah standar..” jawab si Profesor, yag seketika membuat pria itu kesal dan langsung mendorong profesor tersebut keatas sofa.. entah apa yang selanjutnya terjadi, karena kita hanya melihat si profesor yang tengah ketakutan dan gelisah karena si pria itu melirik bagian pahanya yang kala itu terbuka karena dress-nya tersingkap....

scene12601
scene13001
=========================
scene13201
scene13501

Berpindah ke ruang rapat.. disana ada Yi-deum, Jin-Wook dan dan Nona Son. Ternyata, kejadian tadi merupakan kasus pertama yang akan ditangani mereka. Dalam berkas dituliskan, bahwa pria yang ternyada asdos (asisten dosen) itu mencoba untuk melakukan pemerkosaan terhadap dosennya sendiri.

Dari rekaman CCTV, pemerkosaan itu ‘gagal’, karena dipergoki oleh seorang mahasiswi sarjana bernama Kim Se Mi yang datang kesana dengan niat untuk mengembalikan laptop milik Profesor Sun (si dosen korban). Sejauh ini, hanya itulah bukti yang mereka punya,

scene17101

Selanjutnya, Yi-deum mendatangi Rumah Sakit, untuk meminta keterangan lanjut dari korban.  Dalam kondisinya yang masih lemah.. Profesor Sun menceritakan kronologis insiden malam malam itu, ketika Woo-sung ( terduga tersangka ) mendatanginya dalam kondisi bau alkohol, pertanda bahwa ia tengah mabuk.

scene16001
scene16201
scene16601

Ceritanya, sama persis dengan apa yang kita lihat sebelumnya. Setelah rok-nya tersingkap, Profesor Sun mulai ketakutan dan gelisah karena tatapan Woo-sung yang sangat aneh.. kemudian, Woo-sung mendorong tubuhnya dan mencengkram tangannya dengan sangat keras. Kepadanya, Woo-sung mengatakan bahwa seorang wanita yang terlahir dari keluarga kaya, tidak akan tahu diri sebelum diberi pelajaran, “Aku menyuruhnya berhenti.. dan mengatakan bahwa aku akan menuntutnya jika ia bersikeras melakukan hal ini,. Tetapi.. dia malah mencekikku...”

scene18501
scene18801

Sekarang giliran Woo-sung yang diinterogasi.. dia menyanggah, mengatakan bahwa dirinya tak bersalah dan tak melakukan apapun.. dia menceritakan kesulitan yang dialaminya untuk membiayai kuliahnya, tetapi di titik akhir tesisnya malah ditolak. Kala itu dia marah.. dia menemui Profesur Sun untuk meminta alasan mengapa hal ini terjadi.

“Tesismu sampah.. sama seperti dirimu..” itulah jawaban dari Profesur Sun yang seketika membuatnya hilang akal hingga kepikiran untuk mencekik  leher profesur Sun.

“Kalau begitu, kamu mengakui telah menyerangnya. Teapi tidak pernah memerkosanya?” tegas Jin-wook yang kemudian memperlihatkan rekaman CCTV dimana Woo-sung berlari keluar dalam kondisi kemeja yang terbuk.

“Jujurlah kepada kami!!!!”

Tidak.. aku tidak pernah melakukan itu padanya!” ungkap Woo-sung dengan ekspresi frustasi

scene20101
==================
scene20501

Dalam ruangannya.. Yi-deum menyerahkan berkas kasus ini kepada Jin-wook dan menyuruhnya untuk segera mengatur jadwal persidangan. Sebagai ‘senior’ yang telah berkecimpung dalam bidang ini selama lebih dari 7 tahun, Yi-deum menegaskan bahwa Jin-wook mesti menuruti segala instruksi darinya.

Kasus ini sudah sangat jelas.. intinya percobaan tindak pidana pemerkosaan. Bukti sudah ada, dan kesaksian korban juga cukup detail. Akan tetapi, Jin-woon memiliki firasat sebaliknya.. terlepas daria apa yang sebenarnya terjadi, ia melihat ada ‘sesuatu’ yang tengah disembunyikan Woo-sung.


scene21001
scene21801

“Aku tidak buuh asusmi! Tunjukkan buktinya!” tukas Yi-deum yang kemudian mengomentari sikap Jin-wook yang ‘sok-tahu’. Karena meskipun Jin-wook sulunya seorang psiskiater, tapi disini mereka tak bisa menarik faktasa hanya berdasar pada sebuah asumsi belaka.

scene22701
scene23001

Perdebatan mereka terpotong oleh telpon masuk yang diterima Yi-deum, sepertinya ia ditelpon oleh temannya (?) yang memeritahukan bahwa Yi-deum bisa diusir dari apartemennya karena dianggap mengabaikan telpon dari agen properti.

“Hah?! Telpon apaan” keluh Yi-deum yang seketika teringat, bahwa beberapa hari ini ada nomor asing yang menelponnya, tetapi tak pernah ia angkat. Segera, ia-pun bangkit dari kursinya dan mengatakan pada Jin-wook untuk melanjutkan diskusi mereka  satu jam lagi.

scene24101
scene24201

Jin-wook lanjut memeriksa rekaman CCTV..setelah memutarnya berulang kali, tiba-tiba ia mulai menemukan sesuatu yang janggal. Tetapi tiba-tiba ponselnya berdering, ia mengangkat telpon tersebut dan berkata “Ahh. Dia sudah datang.. baiklah, aku akan segera datang kesana..”

scene24401
scene24601
scene25201

Ternyata.. oh ternyata... telpon tersebut dari agen properti, pemilik bangunan tempatnya tinggal. Sangat kebetulan, karena Jin-wook merupakan pemilik kamar yang disewa oleh Yi-deum. Kamar mereka bersebelahan, dan keduanya atas nama Jin-wook.

“Kamu mau pamer, karena punya dua kamar apartemen..” gerutu Yi-deum

“Ahh.. itu ibuku yang meminta supaya aku mulai berinvestasi properti, karena gaji seorang jaksa tidak terlalu besar...” ujar Jin-wook

Sebenarnya.. tujuan Yi-deum dipanggil kesini dan dipertemukan dengan Jin-wook, adalah karena Jin-wook ingin merubah sistem pembayaran dari per-tahun menjadi per-bulan. Hal itu menyulitkan pihak penyewa, karena uang yang harus dikeluarkan otomatis lebih besar.. Kalaupun Yi-deum tak setuju akan hal tersebut, maka ia harus bergegas pindah dari apartemen yang tengah ia tinggali saat ini.

scene26601

Pertemuan singkat itu selesai.. mereka-pun berjalan bersama meninggalkan tempat agen properti, “Jaksa Ma, kapan anda akan pindah?” tanya Jin-wook yang seketika membuat Yi-deum kesal. Ia mendorong tubuh Jin-wook ke tembbok, kemudian mengomel mengungkapkan kesulitannya yang saat ini masih memiliki hutang disana-sini,, ia-pun meminta Jin-wook untuk memahami kondisinya..

scene27701
scene27801

Akan tetapi, semua itu hanyalah ada dalam imajinasinya Yi-deum saja. Karena kenyataannya, ia lebih mementingkan harga-diri dan dengan tenang, mengatakan bahwa dirinya  akan pergi mencari tempat tinggal yang baru.. secepatnya!

.... SINOPSIS WITCH’S COURT EPISODE 2 ....

scene28901
scene29301

Ketika berada di kantor.. Jin-wook mengajak Yi-deum untuk menonton kembali rekaman CCTV itu bersama dengannya. Ia memperlambat adegan ketika Woo-sung keluar dari ruangan, dan mengambil ponselnya yang terjatuh. Disana.. Woo-sung terdiam selama 2 detik hanya untuk melihat layar ponselnya: “Bukankah seharusnya, dia mengambil ponsel tersebut kemudian berlari pergi? Tapi kenapa dia sempat diam selama 2 detik? Menurutmu kenapa?”

“Karena retak, karena jika telpon itu masih dicicl dan layarnya retak...”

“Coba, pikirkan kembali...”

Yi-deum terdiam sejenak, kemudian bertanya heran “Mungkinkah karena....”

“Entah karena ponselnya berbunyi, atau karena dia tengah menelpon seseorang..”

“Dia sedang berbicara dengan seseorang---”

scene29901

Dalam waktu singkat, mereka berhasil mencaritahu riwayat panggilan di ponselnya Woo-sung. Disana ada satu nama, yaitu Yoo Min-joo, yang setidaknya ia hubungi 3 kali dalam sehari dan kebetulan, salah telponnya terjadi bersamaan dengan insiden malam itu.

Yi-deum meyakini bahwasanya Yoo Min-joo merupkan kekasih dari Woo-sung, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah kenapa telponnya tidak ditutup, dan artinya Min-joo bisa mendengar seluruh kejadian yang terjadi malam itu?

scene30401
scene30801

Yi-deum dan Jin-wook langsung mendatangi tempat Min-joo bekerja.. tetapi mengejutkan, karena ternyata Min-joo yang berprofesi sebagai seorang dokter itu nyatanya adalah seorang pria. Tak perlu usaha keras untuk mengorek informasi, karena Min-joo sendiri yang mau menceritakan semuanya, “Woo-sung tak bersalah.. justru dialah korbannya..” ungkapnya

Min-joo mengakui bahwa dirinya mendengarkan seluruh percakapan yang terjadi pada malam itu, dan ia bahkan merekamnya.. Woo-sung juga mengetahui hal tersebut---

“Kenapa (buktinya) itdak diserahkan?” tanya Yi-deum

scene31501
scene31601

Min-joo diam, tak mau menjawab pertanyaan tersebut.. Hingga tiba-tiba, Jin-wook bertanya padanya: “Kalian berpacaran ‘kan?”

Jin-wook berani menanyakan hal tersebut, karena ia melihat Woo-sung dan Min-joo mengenakan cincin yang sama. Min-joo tak menjawab ‘iya’ dengan kata-kata, tetapi dengan gestur-nya yang menunduk dan mengehla nafas panjang.. ia-pun lantas menceritakan bahwa sebenarnya, ia berniat menyerahkan bukti tersebut dan memotong bagian ketika terdengar suaranya saja.

scene31901
scene32601
scene32801

Akan tetapi.. ia terfikir akibat jangka panjang yang akan timbul karena bukti tersebut. Bayangkan.. jika kasus ini naik ke pengadilan, dan rekaman suara itu diperdengarkan ke publik, yang tentu saja akan membuat Profesur Sun dinyatakan bersalah.

Pastinya, Profesor Sun tidak akan tinggal diam.. ia akan mencaritahu siapa yang menyerahkan rekaman tersebut, dan otomatis hubungannya dengan Woo-sung akan terekspos, “Woo-sung harus menajdi seorang dosen.. tapi universitas mana yang mau mempekerjakan seorang gay.. ”

Jin-wook mencoba untuk membujuknya memberikan rekaman tersebut sebagai bukti, tetapi Yi-deum memiliki caranya tersindiri. Alih-alih membujuk dengan halus, dia malah bersikap tegas dengan bertanya: “Apa kamu mau menyerahkannya sekarang, atu setelah kamu membawa surat perintah!”

scene33601

Bukti tersebut diperdengarkan kepada Woo-sung.. sekarang, posisinya terbalik. Mereka akan melanjutkan proses hukum atas kasus dugaan pelecehan oleh seorang dosen kepada asdos-nya. Tetapi, Woo-sung menolak menjadi saksi.. ia mengatakan bahwa dirinya tak sanggup melakukan hal tersebut..

scene35301
scene35501
scene35601

“Begitu sidang selesai, kasus ini-pun selesai bagi kalian. Tapi selamanya, aku akan menjadi pecundang yang dilecehkan oleh seorang wanita. Yang lebih menyakitkan, adalah karena semua orang akan mengetahui fakta bahwsanya aku adalah seorang gay! Bisahak kalian bertanggung jawab atas itu juga? Bisakah kalian menjalani hidupku untukku?” papar Woo-sung dengan suara yang bergetar karena teringat kejadian yang sebenarnya ketika Profesur Sun mengelus dan meraba beberapa bagian tubuhnya..

scene34901

Woo-jin mencoba untuk meyakinkannya, ia mengatakan bahwa setiap korban pelecehan pasti menghadiri persidangan dengan mental yang siap untuk terluka lagi, itu karena mereka ingin pelakunyamendapatkan hukuman yang setimpal. Sebenarnya, dari awal Woo-in telah berpikiran bahwa Wo-sung adalah korban, “Dalam dirimu aku meLihat sesuatu.. yang dimiliki oleh setiap korban pelecehan.. ‘rasa bersalah’, itu hanya dimiliki oleh korban-korban pelecehan seksual. Pelaku sering mengatakAn bahwa korban-lah yang bersalah, tetapi coba kamu pikirkan kembali, bukankah semenjak kejadian itu, kamu selalu menyalahkan dirimu sendiri .. ‘ah. Karena aku ini gay’, ‘karena aku hanyalah seorang mahasiswa’, ‘mungkin karena aku kurang jantang’, tapi Woo Sung-aa, kamu tidak bersalah dan Profesun Sun yang bersalah!”

scene36601
scene36701
scene36801

“Meski aku memberi kesaksian, tidak ada jaminan dia akan dihukum..” ucap Woo-sung

“Kamu akan berusaha keras untuk menemukan bukti lainnya berdasar pada kesaksianmu..” ungkap Jin-wook

Dari ruang obeserver, Jaksa Min tersenyum lega melihat keberhasil Jin-wook untuk membujuk  Woo-sung hingga mau melanjutkan proses hukum kasus ini ~


||=========||||=========||||=========||||=========||

Untuk UPDATE Sinopsis, serta berita terkait drama dan film bisa add Akun Official LINE My-Eternal Story/Dramatales : @azk6919i

Tambah Teman

You Might Also Like

4 komentar

Don't forget to tell us what's on your mind ❤❤❤