SINOPSIS BRIDE OF THE WATER GOD Episode 16 [Bagian 3]

20:02

= SELURUH GAMBAR DAN KONTEN BERSUMBER DARI tvN =

image

So-ah meloncat kedalam air.. tak lama kemudian, Ha-baek menyusulnya. Mereka berdua, bersama-sama menyelam hingga ke dasar lautan dimana terlihat tubuh ayahnya So-ah yang masih utuh, karena dilindungi sebuah gelembung raksasa. Dari sakunya celana, terlihat sebuah benda yang menyela..
01_1
01_2
“Ayah.. ayah.. mengapa ayah disini sendirian,pasti ayah merasa ketakutan, pasti ayah merasa kesepian.. dan kedinginan..” 
01_3
01_4

Perlahan, So-ah memegang tangan ayahnya, bersamaan dengan itu.. gelembung yang melngitarinya mulai lenyap, “Ayah.. ayo kita pulang..” ucap So-ah yang kemudian membawa ayahnya naik ke daratan bersama dengannya.

01_5

===================================
01_6
01_7

Beberapa saat berlalu.. kini kita melihat So-ah tengah menggantungkan sebuah plakat bertuliskan nama, tanggal lahir dan tanggal kematian ayahnya. Ia menempelkannya di sebuah pohon, “Ayah.. tunggulah, karena sebentar lagi aku akan membawa ibu kesini..”

02_3
02_4

Dibelakang So-ah, telah berdiri Ha-baek.. mereka melihat satu sama lain, So-ah berjalan mendekatinya, kemudian memeluknya dan mengatakan kalau dirinya tak akan pernah memaafkan Ha-baek. Bahkan dirinya, akan menyesali pertemuan mereka, selama sisa hidupnya..

“Aku akan mengembalikan semuanya ketempatnya yang semula..” ungkap So-ah

“Maksudmu?” tanya Ha-baek heran

02_5
02_6

Bersamaan dengan itu, muncullah 3 dewa beserta Nam Soo-ri. Mereka datang sembari menunjukkan raut wajah gembira.. Moo-ra tersenyum, dan berkata: “Kukira dia (So-ah) hanyalah manusia bodoh.. tapi nampaknya, dia cukup pintar hingga terpikirkan untuk melakukan hal ini..”

“Apa yang sebenarnya terjadi..?” tanya Ha-baek

02_7

Soo-ri mengatakan, bahwasanya So-ah memiliki solusi untuk permasalahan mereka.. Sebelumnya kita melihat benda bersinar di saku celana ayahnya So-ah.. benda itu, merupakan ‘tablet’ yang bisa mengabulkan satu harapan pemiliknya. So-ah berniat menggunakan harapannya itu untuk membuat Ha-baek bisa kembali ke negara-air...

03_1

“Lakukanlah dengan cepat,.. sebenarnya aku sangat ingin membunuhmu tapi aku telah menahannya selama ini..” ujar Moo-ra

“Iya cepatlah ucapkan harapanmu, atau kemarahan Moo-ra bisa memicu bencana besar disini..” canda Bi-ryeom

03_2
03_3
03_4

Joo-dong menaruh ‘tablet’ (bingung mau nyebut benda ini apaan) itu ketangan So-ah.. kemudian, perlahan So-ah mulai mengucapkan harapannya. “Semuanya akan kembali seperti sedia kala..”

Ketika Joo-dong tengah mengucap mantra untuk mengabulkkan permintaan So-ah, tiba-tiba muncullah Imam-besar dalam setelan jas yang berjalan menghampiri mereka... yang seketika membuat mereka semua terkejut..

“Apa yang anda lakukan disini?”

“Aku sering berkunjung ke tempat ini.. apakah Joo-dong tak pernah memberitahu kalian?”

“Ah.. aku lupa memberitahu mereka..” celetuk Joo-dong

03_5
“Aku berkunjung ke dunia manusia, untuk menangkap para ‘ pelayan ’ yang melarikan diri dari tugas mereka. Aku juga pernah bertemu dengan beberapa orang disini..”
03_6
04_1

Fakta yang cukup mengejutkan, karena ternyata.. supir taxi yang sempat menasihati So-ah tentang takdir.. kemudian kakek pemulung yang membantu Ha-baek mendapatkan uang gajji untuk yang pertama kalinya.. tidak lain, adalah Imam-besar yang tengah menyamar dalam wujud manusia ..

04_4

Moo-ra tak suka dengan kedatangan Imam-besar yang hobinya menceramahi mereka.. Ia-pun menyuruh Joo-dong untuk melanjutkan ritual untuk mengabulkan harapannya So-ah.

“Memangnya apa yang terjadi?” tanya Imam-besar

Dengan ketusnya, Moo-ra menceritakan mengenai kekuatan Ha-baek yang telah benar-benar lenyap karena digunakan untuk membantu So-ah, yang membuatnya tak bisa kembali pulang ke negara air.

04_3

“Jadi, kamu akan menggunakan ‘tablet’ harapan itu, hanya untuk membantu Ha-baek kembali pulang? Mengapa kamu menyia-nyiakan benda berharga itu untuk hal yang sepele..” ujar Imam-besar

“Apa maksud anda? Jika Ha-baek tidak kembali ke asalnya, bukankah berarti dia akan mati?”

“Siapa bilang dia tak bisa kebali pulang ke asalnya? Dia telah menyelasaikan misinya.. yang berarti, dia bisa kembali..” ungkap Imam-besar

04_2

Seketika.. Ha-baek terdiam, ia tersadar bahwa kedatangannya kali ini, dengan misi yang berbeda.. yaitu untuk mencaritahu jawaban dari pertanyaan: “Mengapa batu-dewa itu disimpannya di dunia manusai?”

“Tepat sekali.. dan dari pengamatanku, kamu telah menemukan jawabannya..” ucap Imam-besar

“..Bagaimana bisa.. seorang dewa menyelamatkan seluruh jagat-raya, jika ia tak bisa melindungi satu orang manusia saja..”

Kurang-lebih, itulah jawaban dari pertanyaan yang menjadi misi Ha-baek ketika kembali turun ke bumi. Sekarang ia telah mengetahui makna dari jawaban pertanyaan tersebt, yang otomatis membuatnya berhasil menyelesaikan misi tersebut.

04_5
04_6

“Yoon So Ah-ssi.. aku sarankan, kamu menggunakan ‘tablet’ harapan itu untuk permintaan yang lebih penting dan berharga..” ucap Imam-besar yang kemudian pamit pergi karena harus bertemu dengan tamunya yang lain.

Permasalahan Ha-baek telah terselaikan, tanpa harus menggunakan ‘tablet’ harapan.. yang artinya, So-ah masih memiliki kesempatan untuk mengutarakan harapannya yang lain..

“Mintalah uang yang banyak..” celetuk Bi-ryeom

“Kamu akan menjadi keturunan terakhir dari keluargamu yang menjadi ‘pelayan dewa’. Sekarang, ucapkanlah harapanmu.. jangan ragu, karena ini merupakan satu-satunya kesempatan untuk membuat sisa hidupmu bahagia..” ungkap Joo-dong

05_1
05_2

So-ah menatap Ha-baek, kemudian ia mengutarakan harapannya: “Aku.. aku berharap.. kamu tinggal bersamaku lebih lama lagi.. kumohon tetaplah disampingku, setidaknya hingga hari dimana aku meninggal. Kamu bisa kembali pulang ke asalmu, dan menjadi Raja yang baik.. nanti setelah aku meninggal...”

05_3
05_4
07_1

Harapan So-ah membuat yang lainnya terdiam takjub, hanya Moo-ra seorang yang nampak tak menyukai isi dari harapan itu, “Aku terlalu marah, lebih baik aku pergi..” keluhnya

Bi-ryeom hanya tersenyum, kemudian menarik Soo-ri untuk pergi darisini.. sementara Joo-dong, ia tak banyak berkomentar dan hanya mengatakan: “Kamu punya kesempatan untuk menjadi orang kaya-raya.. tapinya... yasudahlah, mungkin karena kamu masih muda..” 

07_3

Tinggallah Ha-baek berduaan dengan So-ah.. mereka memandang satu sama lain, dengan tatapan penuh cinta dan kebahagian.. mereka berpelukan dan mengatakan: “Aku mencintaimu..”

07_4

Ternyata tamu lain yang dimaksud imam-besar adalah Hoo-ye.. mereka bertemu, dan memperkenalkan diri terhadap satu sama lain. Iam-besar, memuji kebaikan yang selama ini telah dilakukan oleh Hoo-ye yang setidaknya akan membantunya dalam kehidupannya yang selanjutnya.

07_5
07_6

“Bisakah anda mengjariku cara mengendalikan api? Karena jika aku bisa menguasai kekuatan api, maka aku bisa mengontrol air, tanah, api, bumi dan juga manusia..” pinta Imam-besar

Hoo-ye tersenyum, “baiklah.. kalau begitu, adan haru sering-sering mengunjungiku..” jawabnya

08_1

Ketika Ha-baek masih berpelukan dengan So-ah erdengar teriakan Imam-besar, “Yang Mulia Ha-baek, ayo kita pergi..”

“Hfftt... dasar pria tua itu.. Tak bisa membiarkanku bahagia untuk sekejap saja..” gumam Ha-baek yang kemudian memberikan penjelasan kepada So-ah, bahwasanya ia tetap harus kembali ke nagra-air terlebih dahulu supaya bisa mengabulkan harapan So-ah.

“Kamu akan datang kesini lagi ‘kan?”

“Aku janji aku pasti kembali..”

“Kamu tak akan pergi terlalu lama, ‘kan?”

“Iya..”

08_2
08_3

================================

08_4
08_5

Hoo-ye berdiri memandangi resort-nya.. entah apa yang ia pikirkan, tetapi ekpresinya menunjukkan sebuah rasa ketenangan..

09_1

Didalam kantornya, Ja-ya menghampiri Sekretaris Min yang tengah sibuk merapikan dokumen. Ja-ya mengungkapkan bahwa dirinya telah memahami bagaimana caranya untuk menjadi seornag manusia yang lebih baik lagi.

Ia menunjukkan 3 buah proposal, pembangunan yayasan untuk lansia, anak yatim-piatu dan ibu-tunggal, “nobless-obligue.. itulah caraku unuk menjadi manusia yang lebih baik..”

09_2
09_3

“Bukan hal buruk..” komentar Sekretaris Min, yang kemudian mengeluarkan secarik kertar. Ia menyuruh Ja-ya menuliskan nama-nama orang yang harus menerima permintaan maaf darinya, dimulai dari kakeknya..

Nanti, setelah Ja-ya meminta maaf, maka orang-orang itu harus menandatangani kertas ini, “Jika kamu berhasil melakukannya, maka aku akan bersia menjadi temanmu..”

“Apa?!”

==========================
09_4
09_5

So-ah mengenakan mantel berwarna merah.. sama seperti yang kita lihat di awal episode pertama. Dia berdiri sendirian, dinggir jembatan, tempatnya pernah melakukan percobaan bunuh-diri..

Setangkai mawar putih, ia lemparkan ke air.. kemudian kita melihat badannya yang ternggelam ke dasar lautan..

09_6
10_1

“Jangan.. jangan coba-coba membayangkan hal seperti itu.. Meskipun kamu lompat kesana, Ha-baek tak akan menolongmu..” ucap bi-ryeom yang datang kesana bersama dengan Moo-ra.

Nyatanya.. kejadian barusan hanyalah ada dalam khayalannya So-ah saja.. Moo-ra mengomentari tindakan So-ah yang bisa dibilang, ‘tak ada gunanya’, “Ayahmu dihutan, kenapa kamu berkeliaran disini.. dan jangan membuang bunga itu kelaut, karena itu akan mencemari air..”

10_2
10_3

Sambil tersenyum, Moo-ra mengatkan bahwa dirinya memiliki kabar gembira untuk So-ah, “Ha-baek tak akan kembali..” ungkapnya

“Apa maksudmu? Apakah kau menerima pesan darinya?”

“Untuk apa apa menggunakan pesan, aku ini ‘kan seorang Dewi.. aku bisa merasakannya..” ujar Moo-ra

10_4

Moo-ra mengajak Bi-ryeom untuk pergi meninggalkan So-ah, Bi-ryeom berkomentar, mengatakan bahwa mereka tidak seharusnya menyebut Ha-baek tak akan kembali hanya karena mereka belum mendengar kabar apapun..

“Sudahlah tak usah mengkhawatirkan hubungan mereka, lebih baik fokus saja pada hubungan kita..” ucap Moo-ra yang kemudian berjalan sembari merangkul pinggang Bi-ryeom, begitupun sebaliknya.. (OWWWW.. finally they’re dating)

10_5

Ketika berada di kliniknya.. tiba-tiba Sang-yoo ingin mengatakan sesuatu kepada So-ah.. Dia ingin menikah dengan Hyung-shik (Heol.. selama ini kukira, Hyung-shik itu laki..)

“Tapi.. tidak seharusnya kamu menikahi temanmu sendiri..”

“Aku telah mengenalnya cukup lama, jadi tak kurasa dia orang yang tepat..”

11_1
11_2

Setelah menceritakan niatannya itu, Sang-yoo kemudian mempertemukan Hyung-shik dengan So-ah.. pertemuan mereka terlihat kikuk, karena masa lalu mereka, membuat Hyung-shik masih agak takut untuk bertemu dengan So-ah.

11_3

Dalam perjalan pulang, So-ah berjalan sendirian sembari menelpon Yeom-mi untuk menceritakan perihal pernikahan Sang-yoo.. So-ah ingin menghadiahi mereka uang deposit rumah, tapi kabar ini benar-benar mendadak, hingga ia tak sempat mengumpulkan uangnya--

11_4

Setelah melewati belokan terakhir menuju rumahnya, langkah So-ah terhenti.. dari kejauhan, ia melihat sosok Ha-baek yang tengah bersandar di depan tembok rumahnya, Ha-baek tersenyum kearahnya dan mereka memandang satu sama lain...

11_5
11_6
12_1

Perlahan, So-ah berjalan menghampiri Ha-baek.. mereka berpelukan, “Aku kembali.... Sudah kubilang jangan pulang terlalu malam.. kamu ini, memang tak pernah mendengarkan nasihat dariku..” keluh Ha-baek

“Kenapa kamu sangat lama?”

“Prosedurnya sangat rumit..”

12_2
12_3

“Ayo kita masuk kedalam dan makan sesuatu..” ajak So-ah yang kemudian menggandeng Ha-baek masuk kedalam rumah berdampingan dengannya..

Tulisan ‘Ha-baek’, ‘So-ah’ yang tergores di tembok depan rumah tiba-tiba lenyap.. hilang pergi bersama dengan tiupan angin...

12_4
12_5

Terakhir, terdengar suara narasi So-ah yang menjadi akhir penutup drama ini..

“Orang-orang bertahan hidup dengan menggunakan kekuatan yang mereka punya.. Tetapi hidup akan lebih indah dengan apa yang dinamakan cinta...”

image

::: THE END :::


::: NOTES :::

Okeee, akhirnya tamat jugaaa. Gimana nih pendapat kalian semua tentang ending-nya?

Kita bahas yang baiknya dulu ajayaa.. totally, aku suka sama drama ini. Meskipun ceritanya terlalu fantasional, diluar nalar dan terkadang aneh.. tapi aku suka aja sama drama ini. Aku enggak pernah baca manhwa-nya, jadi enggak bisa bandingin apapun.

Drama ini masih banyak kekurangannya, tetapi ambil bagusnya aja... Setidaknya So-ah bahagia, begitupun dengan Ha-baek ❤❤❤

Tapi sejujurnya, meskipun happy ending.. aku masih kurang sreg sama akhir kisah mereka ini. Okelah.. Ha-baek bisa tetap tinggal barengan So-ah, seenggaknya sampai So-ah meninggal. Tapi.. realitanya, nanti So-ah bakal menua, keriput, ubanan.. sementara Ha-baek masih dalam kondisi yang sama (that’s irony..)

Premis awal drama ini, Imam-besar bilang kalau So-ah ditakdirkan meniggal sebelum Ha-baek dinobatkan menjadi Raja... penyataan itu rada sinkron sama ending-nya sih.. Karena kalau berdasarkan pada permintaannya So-ah, berarti penobatan Ha-baek bakal di-pending sampai So-ah meninggal.

Terus.. mengenai ayahnya So-ah, kayaknya kurang ada penjelasan lebih rinci. Selama satu tahun dia pergi keluar negeri, kenapa dia memutus kontak dengan keluarganya? Seenggaknya dia bisa kirim surat dong? Tapi kenapa dia ngilang begitu aja? Motifnya apa?

Terus.. kita inget dong, kutukan dari Suh Wang-mo buat keluarganya So-ah.. setiap istri di keluarga itu, bakalan meninggal setelah melahirkan anaknya.. tapi aneh, karena ibunya Soo-ha masih idup sampe So-ah beranjak remaja.

Terus juga.. ciuman Ha-baek.. Aslinya yaa, aku gak ngerti, apa bedanya ciuman yang bisa ‘mengalihkan’ kekuatannya sama ciumannya dia yang biasanya. Kalau dengan ciuman dia bisa transfer kekutannya, berarti udah berkali-kali dong So-ah nerima kekuatannya Ha-baek (?) heheheheh--

Yang bikin agak nanggung juga, karena sampe akhir kita enggak pernah lihat kekuatan Ha-baek yang katanya hebat banget ituuu..

Drama ini judulnya “Bride of the Water God”, tapi ‘bride’-nya kemana? Cuman gara-gara make gaun pengantin, bukan berarti mereka jadi pasangan pengantin beneran kan.. kenapa enggak nikah beneran aja (Entar kayak GOBLIN dong, wkwkwk)

Terakhir.. Kang Ha-neul mana T_T Cari deh di internet, dulu ada beritanya kok.. dia mau jadi CAMEO di drama ini, karena penulisnya tuh penulis drama Misaeng. Entah.. scene-nya gak ditayangin apa begimana... T_T

Duhhh, lebih banyak kritik daripada pujiannya yaa? I’m sorry.. aku memang hobinya kritik sana-sini. Ohiyaaa, aku punya rencana buat bikin postingan khusus dari review-nya kalian semua...

Kalian, kirim review-nya lewat OA LINE My Eternal Story aja yaaa. Nanti beberapa Review/Komentar yang paling kece bakal eonni jadiin satu postingan khusus. Hadiahnya apa? Hadiahnya tulisan kalian dibaca banyak orang.. heheheheh---


Makasih banyakk, readers-ku yang setia bolak-balik baca postingan disini. Sampai ketemu di sinopsis drama lainnya ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

||=========||||=========||||=========||||=========||

Untuk UPDATE Sinopsis, serta berita terkait drama dan film bisa add Akun Official LINE My-Eternal Story : @azk6919i 


atau klik gambar dibawah ini:
Tambah Teman

You Might Also Like

25 komentar

  1. drama yang udah bikin baper berminggu-minggu … akhirnya happy ending juga. suka sama ide ceritanya. suka kekanakannya para dewa itu. tapi ada beberapa detil yang agak mengganggu. terutama ada bagian deep kiss nya. entah karena feel nya ga dapet ato karena aku masih ngebayangin LSK. malah lebih nunggu adegan mesranya hye ra sama biryeom. overall aku suka drama ini. dibela belain nonton di ig yg masih raw tapi lebih update, rela banget dibikin baper tiap minggu, donlot semua ost nya yang keren keren, dan tentunya baca sinopsis disini biar lebih paham ceritanya. thanks yaa … tulisannya oke banget dan update. top dah --im not jui--

    ReplyDelete
    Replies
    1. *happy* ending yaaaa, thanks udah bolak-balik berkunjung sini :D

      Delete
  2. Endingnya biasa aja ya aku kira so ah mati trs idup lagi di dunia air.. tapi seru deh apalagi mo ra sama bi ryeom wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi masih berasa nanggung.. Moo-ra sama Bi-ryeom gitu doang? udah deh :(

      Delete
  3. Iya kaka memang bikin keselnya..knp kekuatan habaek gk d tunjukkan smpe akhir cerita..
    Dan endingny biasa aja..
    Klu d manhwa nya akhir ceritanya..ntr so ah punya ank dr haaek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya, padahal si So-ah sering tanya-tanya.. Siapa putri Yunhwa, lucu kalau ada penjelasan.. kenapa di internet ditulisnya Ha-baek punya anak. Heheheh

      Delete
  4. Bukannya kdrama emang suka rada gantung, suka kemana2 nalar penontonnya atau eksplisit. Kenapa lead female terkesan ga nendang dari pada mora karna mora sosok dewi. Soah perempuan yang masa kecilnya kasih sayangnya sudah terbagi. Tapi bahagianya sosok soah disini dia dicintai banyak orang. Temen satu kantornya, sahabat perempuannya, dan tentunya para dewa dan setengah dewa,pelayan dewa. Soah juga seperti kebanyakan perempuan umumnya berkata gpp tapi dihatinya dah nangis2. Lead actor banyak bilang kaku. Karna dia adalah raja, berulang2 sengaja dikatakan dia terlahir sebagai raja. Kehidupan dialamnyakan kaku. Dialam manusia dia belajar bagaimana hidup manusia termasuk cara menyenangkan orang yang dicintainya. sosok habaek disini sebenarnya keras ya. Intinya kekuatan habaek cinta kali ya. Episode akhir hoye tersenyum karna ga ada lagi pertikaian dunia para dewa karna dia sudah jumpa dengan imam besar dan tentunya seperti katanya dia ahli dalam menunggu.
    Feelnya gw dapat ga gampang akting disitu dia harus nangis disitu harus buat adegan kiss. Ekpresi sedihnya terbaca saat nonton. Ngeliat habaek ngeluarin air mata disitu gw ngerasa berbahagialah ada pria seperti itu cuma minusnya tak punya uang ��. Plus minus susah dijabarkan karna film korea dah terlalu banyak..jadi mereka para sutradara pasti susah juga berkreasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh, iyupsss.. Si Nam Joo-hyuk udah banyak banget kemajuannya. Apalgi di episode terakhir, adegan mewek dia lumayan banyak. Segitu sih udah cukup bagus, feel-nya dapet.

      Dari awal, drama ini emang udah dibanding-bandingin sama Goblin. Bahkan naskah-nya sengaja dirombak besar-besaran karena hal itu. Sempet denger kabar juga, katanya Penulis sama Sutradara drama ini ada sedikit 'konflik' gitu tentang gimana carannya pengambilan gambar dan sebagainya..

      Makanya kubilang, totally segini mah udah cukup oke. Ceritanya setabil dari awal sampe akhir

      Delete
  5. makasih ka' dahlia
    tamat juga akhirnya walaupun ending nya masih ngantung

    ReplyDelete
  6. Gak nyimak terlalu rinci dramanya, tapi alesan biryeom sama mora berantem terus keluar batu dewa itu kenapaa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener dong, aku baru inget ada scene ituu. Mereka berantem nyampe heboh kek gitu gara-gara apaan ya?

      Delete
  7. ya tamat juga akhirnya.. padahal ngarep banget si so ah bakal hidup selamanya sama ha baek, eh ternyata cuma sampe so ah tua dan mati aja.. rada gantung sih.. kesian kan ha baek kalo di tinggal mati nanti sama so ah.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kemmungkinannya, kalau So-ah mati, entar Ha-baek bisa nyari yang baru lagi.. Dulu aja si Ha-baek cinta mati sama Nakbin, tapi setelah ketemu So-ah ahirnya dia luluh juga tuhhh

      Delete
  8. Mks bnyk sinopsisx,,,udah hbs aq bc smuax,, udah siip kok endingx,,,walopun nunggu2 adegan nikah yg trnyt gk ad,hehe,,pokokx semangat ya nulis sinopsis yg lain,,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaya, sosok 'Bride'-nya ternyata enggak ada tuh, heheh

      Delete
  9. Tapi agak bingung so ah bunuh diri ke laut bukannya pas ayah nya pergi malem2 itu? Yg dia kejar2 mobil? Ibu nya masih hidup kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya scene itu memang membingungkan.. pengambilang gambarnya berasa kayak di waktu yang saa. Padahal, kalo difahami lebih lanjut, si So-ah itu kayak yang ceritain kisahnya dalam timeline waktu yang berbeda, tapi pengambilan gambbarnya kurang dibedain jadinya penonton pusing :(

      Delete
  10. Ceritanya bagus... walaupun gak diatas goblin, tapi drama ini mengajarkan kita untuk lebih menghargai hidup. Karena pada dasarnya hidup itu gak bisa di tunda, waktu gak bisa diulang, dan takdir gak bisa tentang...
    (Maaf sok puitis... heheπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  11. Baru aja kelar nonton. Akhirnya hahaha, setelah di paksa2in. Agak kecewa dengan drama ini, mungkin ekspektasi saya ketinggian.
    Banyak hal-hal yg sampe tamat punmasih gantung. Entah memang gantung, ato sayanya yg gak mudeng waktu nonton ����.
    Konfliknya kurabg heboh, jadi berasa datar aja 16 episode. Tapi cukup terhiburlah dengan pemainnya. Bajunya mora cakep2

    ReplyDelete
  12. Kalau baca manhwa nya pasti tau kenapa judulnya 'bride'... ini pas dijadiin kdrama jadi berubah dan banget jalan ceritanya. Jadi ga terlalu nyambung sama judulnya jadinya.. anyway gomawo eonni sinopsisnya πŸ˜™

    ReplyDelete

Don't forget to tell us what's on your mind ❤❤❤